Your future is determined by what you start today.

TIME

Selasa, 09 April 2019

Perkembangan StartUp

Start-up
Perkembangan Start-up di Indonesia saat ini mulai mengalami peningkatan dari segi jumlah maupun nilai valuasi. Salah satu Start-up asli asal Indonesia yang mengalami peningkatan cukup pesat adalah GO-JEK. Perusahaan ini mampu menciptakan lapangan pekerjaan yang berguna bagi masyarakat. Start-up sendiri adalah merujuk pada perusahaan yang belum lama beroperasi. Perusahaan-perusahaan ini sebagian besar merupakan perusahaan yang baru didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat.
Dalam bisnis ini dikenal dengan nilai valuasi dengan penyebutan Unicorn, Decacorn, Hectocorn. Berikut pembahasannya :
Unicorn.
Unicorn adalah sebutan bagi start-up alias perusahaan rintisan yang bernilai di atas 1 miliar dollar AS atau setara Rp 13,5 triliun (kurs Rp 13.500 per dollar AS). Go-jek baru-baru ini menerima kucuran dana dari Google sebesar 1,2 miliar dollar AS. Hal ini menjadikan valuasi Go-Jek saat ini ditaksir mencapai 4 miliar dolar AS atau lebih dari Rp 53 triliun. PT Tokopedia terakhir mendapat suntikan sebesar 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp 14,7 triliun dari Alibaba Group pada Agustus 2017 silam. Sebelumnya Tokopedia juga menerima pendanaan pada 2014 lalu dari Softbank Japan dan Sequoia Capital senilai 100 juta dollar AS atau Rp 1,3 triliun. Sementara Traveloka, mendapatkan pendanaan dari perusahaan travel asal Amerika Serikat (AS) Expedia pada Juni 2017 senilai 350 juta dollar AS atau sekitar Rp 4,6 triliun. Dengan total pendanaan tersebut, Traveloka kini telah mencapai nilai valuasi lebih dari 2 miliar dollar AS atau setara Rp 26,6 triliun. Adapun CEO Bukalapak Achmad Zaky menyebut Bukalapak telah memiliki valuasi lebih dari Rp 13,5 triliun.

Decacorn.
Decacorn adalah status yang diberikan pada startup dengan nilai valuasi 10 miliar dolar AS atau 10 kali lipat dari unicorn. Dari 300 startup yang ada di dunia, ada lebih dari 15 unicorn yang telah naik menjadi decacorn. Kebanyakan startup decacorn berasal dari Amerika Serikat.

Hectocorn.
Hectocorn ini adalah status setelah decacorn. Istilah ini disematkan untuk perusahaan rintisan dengan angka valuasi yang mencapai lebih dari 100 miliar dolar.


Sumber:

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blogger templates